feed fish

Rabu, 03 Februari 2010

D.O.F II

waah gan gawat kalo ga post neh...hehehe

kali ini saya mw membicarakan soal D.O.F ( dept og field )..adalah istilah fotografiadalah bagian dari sebuah adegan yang muncul bisa diterima pada gambar tajam. Meskipun lensa tepat dapat fokus hanya pada satu jarak, penurunan ketajaman secara bertahap di setiap sisi dari jarak fokus, sehingga di dalam DOF, yang unsharpness ini tidak terlihat di bawah kondisi tampilan normal.
Dalam beberapa kasus, mungkin diinginkan untuk memiliki seluruh gambar tajam, dan sebuah sesuai DOF. Dalam kasus lain, DOF kecil mungkin lebih efektif, menekankan subjek sementara de-menekankan latar depan dan latar belakang. Dalam sinematografi, DOF besar sering disebut dalam fokus, dan DOF kecil sering disebut fokus dangkal.
Yang DOF ditentukan oleh jarak subjek (yaitu, jarak ke pesawat yang sempurna fokus), lensa panjang fokus, lensa f-nomor, dan ukuran format atau lingkaran kebingungan kriteria.
Untuk ukuran format tertentu, pada jarak subjek moderat, kira-kira DOF ditentukan oleh subjek perbesaran dan lensa f-number. Untuk suatu f-nomor, meningkatkan pembesaran, baik dengan bergerak lebih dekat ke subjek atau menggunakan lensa panjang fokus yang lebih besar, mengurangi DOF; penurunan DOF perbesaran meningkat. Untuk subjek tertentu perbesaran, meningkatkan f-number (mengurangi diameter aperture) meningkatkan DOF; penurunan angka f-DOF berkurang.
Bila gambar yang diambil dalam dua format yang berbeda ukuran dari jarak yang sama pada saat yang sama f-number dengan lensa yang memberikan sudut pandang yang sama, format yang lebih kecil memiliki DOF yang lebih besar. Bila gambar yang diambil dalam dua format yang berbeda dari jarak yang sama pada saat yang sama f-number dengan menggunakan lensa panjang fokus yang sama, format yang lebih kecil kurang DOF.

Cropping dan memperbesar gambar ke ukuran yang sama akhir uncropped foto sebagai sebuah gambar yang diambil dalam kondisi yang sama setara dengan menggunakan format yang lebih kecil dalam kondisi yang sama, sehingga gambar dipotong kurang DOF.
Ketika fokus diatur ke hyperfocal jarak, maka DOF memanjang dari setengah jarak hyperfocal hingga tak terbatas, dan merupakan yang terbesar DOF mungkin untuk suatu f-nomor.
Munculnya teknologi digital dalam fotografi telah memberikan tambahan sarana untuk mengontrol tingkat ketajaman gambar, beberapa metode yang memungkinkan diperpanjang DOF yang tidak mungkin dengan teknik tradisional, dan beberapa mengijinkan DOF akan ditentukan setelah foto tersebut dibuat.

dibawah ini adalah contoh2 DOF yang saya ambil.. ^^




masih banyak...tapi berhubung net saya lagi down..tar lagi aja...hahaha.... ^^

1 komentar:

secangkir teh dan sekera roti mengatakan...

waw,, saya sedang belajar fotografi disini :)

Posting Komentar